Selamat datang di website SMAN 27 Kab. Tangerang - Sekolah Negeri Tingkat Menengah Atas Terbaik di Tangerang
Thursday, 22 October 2020 12:28

IJONG MADOLOS (cerpen)

Written by AKSARA MALAM
Rate this item
(0 votes)

ALUR 27

 IJONG MADOLOS

 

            “free class!!!” kata itu menggema diruang kelas  seketika suasana berubah ramai, ada yang selonjor tiduran di lantai kelas, main game, mungkin ada 1-3 murid yang membaca buku,bahkan ada yang keluar ke kantin untuk jajan ck..ck..ck.. “eh tunggu dulu” kels kembali diam dan hening. “Nih kerjain tugas”sekertaris itu mengambil spidol dan mulai menyalin sebuah tugas  yang ada di kertas.

             Berhubung ini pelajaran PKN maka tugasnya “Carilah sejarah tentang Sumpah Pemuda” dan tugas itu malah terabaikan di atas papan tulis putih asik sibuk sendiri bahkan ada yang tidak peduli sampai-sampai ada yang menyakut.

            “Tidur bae, guru na nteu dateng deuk naon di gawean” Gak tau apa pentingnya tugas yang dikasih itu apa?! “Ijong! Gak gitu Lu! Tugas ya tugas itu tuh penting buat dikerjain. Inget ya tugasnya dikumpulin! Gak mau tau!” Eca mengambil buku dan mulai mengerjakan untungnya sebagian dari kelas peduli dan mulai mengerjakan. Sedangkan si Ijong ? dia dan kawan-kawannya sibuk main game online dan tidur.

            Eca melirik kesa!, dia turun dan mulai mengadu, Eca cepu? Iya memang! Tapi itu demi kepentingan mereka sendiri. Untung ada Eca yang baik hati. Tak lama dari itu guru datang. Pak Ucup datang, pak Ucup yang berkumis tebal dan berperut maju.

 

 

            “Siapa yang tidur dan main HP?!” Sahut pak Ucup kesal alisnya menekuk. Kumis tebalnya turun saat membentak bahkan perutnya ikut naik turun. Semua mata bertuju pada Ijong dan teman-temannya “ cepat keluar! Hormat bendera!” Sekitar lima orang keluar dari kelas hormat bendera. Setengah jam berlalu bukannya Eca melihat yang dihukum di depan tiang bendera malah keluar ke kantin.

            Dan parahnya lagi Ijong dan kawan-kawan manjat tembok sekolah! Eca berlari memanggil pak Ucup kelimpungan kesana-kemari tak jua berjumpa dengan batang hidung Pak Ucup.“Assalamualaikum pak Ucup!” Seru Eca di pintu ruang TU mendepati seseorang yang dia cari sedang duduk di sofa.

            “Kenapa lagi Ca?” Tanya sang guru “Ijong pak! Ijong dan teman-temannya bolos keluar sekolah pak!” Pak Ucup berdiri dengan langkah tergesa dia menyusuri belakang tembok kantin. Menemukan Ijong dan teman-temannya hampir berlari.

            “Ijong!!” Kena lagi! Alhamdulliah, Eca berseru senang melihat Ijong dan kawan-kawannya di jewer” semoga Ijong jengah Amin” Doa Eca . coba seandainya populisa murid seperti Eca diperbanyak? SMA tidak akan banyak murid bandel. “Coba bacakan sumpah pemuda tanpa baca teks!” hening tidak ada yang tau. Hmm, enaknya digimanain? “ Tulis teks sumpah pemuda satu buku bapak gak mau tau sampai selesai!!” Mantap!!

 

~Akasara Malam

Read 86 times Last modified on Thursday, 22 October 2020 12:30

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.