Selamat datang di website SMAN 27 Kab. Tangerang - Sekolah Negeri Tingkat Menengah Atas Terbaik di Tangerang
REPORTASE 27

REPORTASE 27 (1)

Thursday, 22 October 2020 10:57

REPORTASE 27

Written by

 

 

 

Reportase 27

 

 

Dalam rangka menyambut Sumpah Pemuda, team Reportase News 27 menghimpun beberapa pendapat dari beberapa informan di lingkungan SMAN 27 Kabupaten Tangerang. Berikut petikan wancaranya.

 

 

Fahrul Roji, S.Pd. (Guru Mapel PJOK)

Sumpah pemuda adalah salah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia yang tujuannya untuk menegaskan cita-cita akan adanya tanah air Indonesia, menegaskannya seperti tentang aspirasi-aspirasi pemuda-pemudi Indonesia, tentang cita-cita Indonesia untuk memajukan salah satunya kemerdekaan Indonesia .

Tokoh dibalik sumpah pemuda favorit saya adalah W.R Soepratman , dimana tokoh ini kita kenal dari lagu Indonesia Raya ciptaannya pada saat kongres sumpah pemuda yang ke-2.

Hikmah dari sumpah pemuda Antara lain.  Pertama, mengajak generasi muda untuk menggunakan bahasa Indonesia. Yang kedua, mengajak Generasi muda untuk mencintai Indonesia.

 Dan yang terakhir, mengajak Generasi muda untuk menghormati perbedaan antara suku, budaya, ras, dan agama. Bhineka Tunggal Ika, berbeda-beda tetapi tetap satu jua, satu bahasa.

Jika ada seseorang yang posisinya berada di tempat formal menggunakan bahasa daerahnya masing-masing, menurut saya tidak salah. Kenapa? Karena melestarikan budaya sangatlah penting semakin kita kritis berarti semakin bagus.

Reporter: Keysa Linda.